Rabu, 19 September 2012

GERAKAN SOSIAL TERHADAP KEBENCANAAN



Gerakan sosial merupakan upaya terorganisir yang dilakukan oleh beberapa pihak untuk merubah atau menolak perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Gerakan ini lahir dan diinisiasi oleh beberapa individu atau kolektif dalam masyarakat, seperti: kaum intelektual, cendekiawan, kelompok atau organisasi yang memiliki kesadaran dan perhatian khusus terhadap masyarakat dan lingkungannya.
Gerakan sosial memiliki 4 karakter utama yaitu: (1) tindakan kolektif, (2) bertujuan, (3) terorganisir dan (4) bersifat spontan (Nugroho, 2011). Tindakan kolektif: apabila terjadi suatu kejadian atau masalah termasuk bencana, maka tindakan dilakukan secara bersama-sama. Bertujuan: suatu kejadian atau tindakan yang dilakukan mempunyai tujuan atau arahan, apabila terjadi bencana maka aktifitas masyarakat akan mempunyai tujuan yaitu menyelamatkan diri ketempat yang aman. Terorganisir: setiap kegiatan yang dilakukan selalu di bawah koordinator atau terpimpin. Secara spontan: setiap kejadian masyarakat secara spontan akan bergerak untuk menyelamatkan diri.   
Gerakan sosial ini juga terdapat dikomunitas bencana. Salah satu contoh: bencana gempa bumi. Gempa bumi adalah peristiwa pelepasan energi yang menyebabkan pergeseran pada bagian dalam bumi secara tiba-tiba yang menimbulkan getaran di permukaan bumi. Peristiwa tersebut sebabkan oleh beberapa factor (Anynomous, 2012): (1) proses tektonik (Gempa bumi Tektonik), (2) Aktivitas gunungapi (Gempa bumi vulkanik), (3) Pergerakan geomorfologi secara local (Gempa bumi runtuhan), (4) Gempa bumi tumbukan, (5) Gempa bumi buatan.  
 Proses tektonik (Gempa bumi Tektonik) berupa pergeseran lempeng lempeng tektonik secara mendadak yang mempunyai kekuatan dari yang sangat kecil hingga yang sangat besar. Gempa bumi ini banyak menimbulkan kerusakan atau bencana alam di Bumi, getaran gempa Bumi yang kuat mampu menjalar keseluruh bagian Bumi. Gempa bumi tektonik disebabkan oleh pelepasan tenaga yang terjadi karena pergeseran lempengan plat tektonik seperti layaknya gelang karet ditarik dan dilepaskan dengan tiba-tiba. Selain itu juga aktivitas gunungapi (Gempa bumi vulkanik) merupakan akibat adanya aktivitas magma, yang biasa terjadi sebelum gunung api meletus. Apabila keaktifannya semakin tinggi maka akan menyebabkan timbulnya ledakan yang juga akan menimbulkan terjadinya gempabumi. Gempa bumi tersebut hanya terasa di sekitar gunungapi tersebut. Selanjutnya terjadi pergerakan geomorfologi secara local (Gempa bumi runtuhan) yaitu pada daerah kapur ataupun pada daerah pertambangan, gempa bumi ini jarang terjadi dan bersifat lokal. Ada juga gempa bumi tumbukan yang diakibatkan oleh tumbukan meteor atau asteroid yang jatuh ke Bumi, jenis gempa Bumi ini jarang terjadi. Dan gempa bumi buatan adalah gempa bumi yang disebabkan oleh aktivitas dari manusia, seperti peledakan dinamit, nuklir atau palu yang dipukulkan ke permukaan bumi.
 Hal ini menunju kan pentingnya upaya mitigasi kebencanaan bagi gerakan social di masyarakat, sebagi upaya mempersiapkan masyarakat dalam menghadapi bencana alam seperti gempa bumi yang seringkali datang secara tiba-tiba. Peristiwa ini sesuai dengan undang-undang nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana menjelaskan pengurangan resiko bencana, sehingga dampak yang ditimbulkan oleh bencana dapat diminimalkan.
Gerakan sosial terhadap bencana gempa bumi dengan mengurangi dampak bagi manusia sebagai berikut:

  • Bangunan harus di bangun dengan konstruksi tanah getaran/gempa
  • Perkuatan bangunan dengan mengikuti standar kualitas bangunan
  • Pembangunan fasilitas umum dengan standar yang tinggi.
  • Perkuatan bangunan-bangunan vital yang telah ada.
  • Rencanakan penempatan permukiman untuk mengurangi tingkat kepadatan hunian di daerah rawan bencana.
  • Zona daerah rawan bencana dan pengaturan penggunaan lahan.
  • Sosialisasi kepada masyarakat tentang gempa bumi.
  • Masyarakat waspada terhadap risiko gempa bumi.
  • Masyarakat mengetahui tentang pemahaman dalam penyimpanan barang-barang yang berbahaya bila terjadi gempa bumi.
  •  

Sumber
Anynomous, 2012. Gempa Bumi. http://id.wikipedia.org/wiki/Gempa_bumi (Up date 13 Juni 2012).
Nugroho B.W. 2011. Gerakan Sosial. http://kolomsosiologi.blogspot.com/2011/03/gerakan-sosial-by-wahyu-budi-nugroho.html. (Up date 13 Juni 2012).
UU RI, Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar