1. 4
Berita/Artikel tentang Manajemen Bencana yang Mencakup setiap setiap siklus
bencana yaitu:
(i).
Mitigasi (Mitigation):
·
Media dapat mempengaruhi pemerintah
untuk memprioritaskan isu risiko bencana sehingga dapat memperkecil
dampak dari bencana. Akhirnya bertujuan untuk memberikan pemahaman masyarakat
sebelum terjadi bencana.
(ii).
Kesiapsiagaan (Preparedness):
·
Media dapat memberikan sosialisasi kapada
masyarakat terhadap potensi akan terjadinya bencana di suatu daerah sehingga meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat
sebelum terjadi bencana.
(iii).
Tanggap Darurat (Response):
·
Media dapat memberikan tanda bahaya
kepada masyarakat sebagai system peringatan dini, sehingga dapat mengambil
langkah yang bersifat taktis dan strategis harus segera dilakukan ketika
bencana datang. Pada siklus ini media sangat penting karena untuk meningkatkan
respon masyarakat saat terjadi bencana.
(iv).
Pemulihan:
·
Media dapat menginformasikan dampak dari
bencana telah terjadi, sehingga pemerintah
mengambil sikap untuk memulihkan kondisi masyarakatnya dan NGO ikut membantu
korban bencana. Akhirnya masyarakat dapat kembali ke kondisi normal.
2. Katagori
Berita atau Artikel
a. Media Cetak: Koran, majalah dan jurnal, opini, spanduk,
poster.
b.
Media Elektronik: Radio, televisi, dan film.
c.
Media Online: Cybermedia, internet (situs web). Radio
satelit, Handphone, dan BlackBerry.
3. Peran
dari Berita atau Artikel
a. Informasi
(to inform): Memberikan informasi kepada masyrakat tentang bencana
b. Mendidik
(to educate) : Dari informasi tersebut akan menimbulkan pengetahuan tentang
bencana, sehingga mendidik masyarakat untuk melakukan PRB berbasis masyarakat.
c. Menghibur
(to entertain): Dengan adanya informasi dan pengetahuan masyarakat penganangan
bencana sehingga masyarakat tidak panik dan sudah siap terhadap kedatangan
bencana.
4. Impact
dari Berita atau Artikel
Berita adalah alat hanya digunakan manajemen
bencana
profesional dan
bisa, karena itu, menghasilkan hasil yang positif atau negatif tergantung pada
bagaimana ia digunakan.
- Dampak Positif
a.
Media biasanya yang pertama untuk
mendefinisikan acara sebagai bencana resmi.
Mereka menginformasikan publik tentang hal itu dan karena itu meningkatkan kesadaran. Kesadaran yang dihasilkan mempengaruhi opini publik tentang bagaimana bencana sedang dikelola dan sering menentukan tingkat perhatian
Pengantar Manajemen Bencana.
Mereka menginformasikan publik tentang hal itu dan karena itu meningkatkan kesadaran. Kesadaran yang dihasilkan mempengaruhi opini publik tentang bagaimana bencana sedang dikelola dan sering menentukan tingkat perhatian
Pengantar Manajemen Bencana.
b.
media yang menyediakan informasi
seketika dan dianggap
dipercaya
sumber terutama di tingkat lokal, dimana media berita memiliki
"kepentingan" di kota rumah. Jaringan terus menerus yang dan cakupan
faktual kejadian dan pasca bencana peristiwa dapat membantu pengambilan
keputusan dan respon segera setelah bencana, sehingga menyelamatkan
nyawa dan properti.
c.
Media adalah sebuah aset yang tak
ternilai pada saat bencana dengan
menyebarkan informasi tentang keselamatan publik, memberikan rincian yang berguna rincian tentang bidang-bidang seperti jalan raya dilewati dan garis jatuh utilitas. Penting lainnya masalah kesehatan masyarakat biasanya ditangani oleh
mengeluarkan advisories keamanan air dan memberikan informasi tentang situs
mana bantuan medis yang tersedia untuk publik.
menyebarkan informasi tentang keselamatan publik, memberikan rincian yang berguna rincian tentang bidang-bidang seperti jalan raya dilewati dan garis jatuh utilitas. Penting lainnya masalah kesehatan masyarakat biasanya ditangani oleh
mengeluarkan advisories keamanan air dan memberikan informasi tentang situs
mana bantuan medis yang tersedia untuk publik.
d.
Dengan tidak adanya telepon dan
mekanisme lain untuk
berkomunikasi dengan dunia di luar daerah yang terkena, berita
media menyediakan:
berkomunikasi dengan dunia di luar daerah yang terkena, berita
media menyediakan:
·
penduduk terpengaruh dengan informasi
yang sangat dibutuhkan dan dunia luar dengan sekilas tentang apa bahwa
masyarakat yang terkena dampak
adalah berurusan dengan.
adalah berurusan dengan.
- Dampak Negatif:
Dengan mengembangkan kesadaran dari kedua aspek positif dan negatif dari cakupan
bencana, Anda dapat lebih siap untuk melihat baik cetak dan media
elektronik dalam cara yang lebih realistis.
a.
media dapat membesar-besarkan beberapa elemen
bencana dan menciptakan
tidak perlu panik.
tidak perlu panik.
b. penggambaran tidak akurat media tentang
perilaku manusia selama dan setelah bencana dapat membuat yang sangat dramatis dan menarik,
tetapi hanya sebagian
cerita benar. Misalnya, tidak jarang untuk melihat cuplikan dari orang penjarahan setelah bencana di semua jaringan berita, tapi sebagian besar pemirsa mungkin tidak menyadari bahwa semua jaringan yang mencakup toko yang sama dijarah. Akibatnya, orang mungkin merasa bahwa luas dan tak terkendali penjarahan terjadi di daerah ang terkena yang mungkin tidak benar sama semua.
cerita benar. Misalnya, tidak jarang untuk melihat cuplikan dari orang penjarahan setelah bencana di semua jaringan berita, tapi sebagian besar pemirsa mungkin tidak menyadari bahwa semua jaringan yang mencakup toko yang sama dijarah. Akibatnya, orang mungkin merasa bahwa luas dan tak terkendali penjarahan terjadi di daerah ang terkena yang mungkin tidak benar sama semua.
c. politisi
Berpengaruh mungkin memanipulasi media untuk pribadi atau
keuntungan politik. Misalnya, Badai Dean secara signifikan mempengaruhi
Pulau Jamaika beberapa minggu sebelum pemilihan umum 2007. Para
media elektronik secara konsisten menunjukkan anggota politik tertentu
pihak mengeluarkan barang-barang bantuan kepada orang miskin, yang mengirim pesan subliminal bahwa partai politik tersebut lebih responsif terhadap kebutuhan
orang-orang dari yang lain. Kebetulan, partai politik (yang digambarkan dalam cahaya yang positif oleh media) memenangkan pemilu dan sekarang membentuk pemerintah baru Jamaika.
keuntungan politik. Misalnya, Badai Dean secara signifikan mempengaruhi
Pulau Jamaika beberapa minggu sebelum pemilihan umum 2007. Para
media elektronik secara konsisten menunjukkan anggota politik tertentu
pihak mengeluarkan barang-barang bantuan kepada orang miskin, yang mengirim pesan subliminal bahwa partai politik tersebut lebih responsif terhadap kebutuhan
orang-orang dari yang lain. Kebetulan, partai politik (yang digambarkan dalam cahaya yang positif oleh media) memenangkan pemilu dan sekarang membentuk pemerintah baru Jamaika.
d. wartawan Berita
dapat menyediakan cakupan bias untuk tujuan sensasionalisme
dengan menangkap kehancuran yang mengerikan di jalan, memilih untuk
mengabaikan bahwa di sisi seberang jalan semua rumah yang utuh dengan
kerusakan ringan. Ini semacam "jurnalisme yang tidak bertanggung
jawab" dapat menyebabkan untuk penyebaran sumber daya yang tidak perlu dan tidak
sesuai
e. Media
perwakilan sering berkumpul di acara profil tinggi menciptakan
luar biasa "kemacetan" di daerah yang terkena. Ini masuknya individu dengan kebutuhan ke daerah sudah terbebani dapat luar biasa, yang mungkin menghambat atau kompromi pencarian dan penyelamatan operasi, membahayakan keselamatan penyelamat dan menghambat penyediaan perawatan dibutuhkan oleh sakit dan cedera kritis.
luar biasa "kemacetan" di daerah yang terkena. Ini masuknya individu dengan kebutuhan ke daerah sudah terbebani dapat luar biasa, yang mungkin menghambat atau kompromi pencarian dan penyelamatan operasi, membahayakan keselamatan penyelamat dan menghambat penyediaan perawatan dibutuhkan oleh sakit dan cedera kritis.
Harrah's Atlantic City - MapyRO
BalasHapusCasino: Borgata 통영 출장마사지 Hotel Casino & Spa. 광주광역 출장샵 2. Borgata 경상북도 출장샵 Way. Atlantic City, NJ 08401. Directions. (609) 317-1000. 경주 출장마사지 Casino Hours. 양주 출장샵